7 Ciri-Ciri Warung Pakai Penglaris, Salah Satunya Dilarang Bungkus untuk Dibawa Pulang

Rabu, 25 September 2024 - 18:50 WIB
loading...
7 Ciri-Ciri Warung Pakai...
Ciri-ciri warung pakai penglaris pernah diungkap melalui film layar lebar Menjelang Ajal. Foto Ilustrasi/IMDb
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri warung pakai penglaris sebetulnya mudah dikenali. Hanya, orang awam terkadang tak menyadarinya karena kurang paham mengenai kondisi tersebut.

Kita mengenal yang namanya persaingan dagang atau usaha. Tak hanya perusahaan besar, toko kelontong bahkan penjual makanan pun merasakan persaingan itu. Pemilik usaha tentu akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat para pembeli melirik dagangan mereka.

Cara-cara yang ditempuh misalnya dengan menggelar promosi secara intens, memberikan diskon, atau bahkan ada juga yang memanfaatkan ilmu hitam atau pesugihan untuk membuat warung laris pembeli.



Hal mistis yang digunakan para pedagang ini disebut dengan penglaris. Sejatinya orang yang peka terkait hal gaib dapat mengetahui mana saja warung yang menggunakan penglaris.

Berikut ciri-ciri warung memakai penglaris, yang dirangkum dari beberapa sumber.

Ciri-Ciri Warung Pakai Penglaris

1. Rasa Makanan Berubah

Mengutip podcast Tangis, salah satu cara paling mudah untuk mengetahui warung makan memakai jin penglaris atau tidak adalah dengan membawa pulang makanan. Jika makanan tersebut rasanya tidak seenak saat dimakan di tempat, maka kemungkinan besar warung makan itu menggunakan jin penglaris. Pasalnya, ini dipengaruhi oleh jin penglaris yang tak berefek di rumah.

Maka itu, warung yang memakai penglaris tak memperkenankan pembeli membungkus makanan untuk dibawa pulang. Sebab, rasa makanan yang dimakan langsung di warung dengan makanan yang dibungkus akan berbeda. Kekuatan magis jin penglaris akan hilang saat melewati jembatan atau perempatan jalan sekitar warung makan.

2. Tutup di Hari-Hari Tertentu

Masih menurut podcast Tangis, disebutkan bahwa jika ada warung makan yang mendadak laris hingga membuat warung di samping kanan kirinya sepi, bisa jadi warung tersebut menggunakan jin penglaris. Apalagi bila pada hari-hari tertentu, seperti setiap selapan hari atau 35 hari, warung tersebut tutup. Bisa diyakini kalau warung ini menggunakan praktik penglarisan.

3. Rasa Makanan Berubah saat Berdoa

Salah satu tujuan diajarkannya membaca doa sebelum makan adalah agar terhindar dari hal-hal yang buruk dan mendapatkan berkah dari makanan yang akan kita santap. Oleh sebab itu, biasakan selalu membaca doa sebelum makan.

Nah, jika Anda mendapati makanan yang saat diicip sebelum berdoa terasa nikmat dan berubah seketika setelah berdoa, maka bisa dimungkinkan warung tersebut menggunakan penglaris.

4. Ada Alat Masak yang Dilarang Dibuka

Warung makan yang menggunakan penglaris umumnya memiliki panci atau periuk yang tidak boleh dibuka sama sekali, kecuali oleh pemiliknya sendiri. Bahkan karyawan dilarang untuk membukanya.


5. Warung Kotor tapi Ramai Pengunjung

Topik mengenai warung dengan penglaris bahkan juga diangkat ke layar lebar, salah satunya lewat film Menjelang Ajal. Menukil informasi dari film tersebut, ciri-ciri warung pakai penglaris adalah kondisinya yang kotor, namun banyak orang tetap ingin makan di warung tersebut.

Disebutkan di sana, makhluk-makhluk gaib menyukai tempat yang kotor dan lembab. Oleh karena itu, warung kotor dan ramai bisa menjadi ciri warung pesugihan yang memakai jin penglaris.

6. Toilet yang Tak Pernah Dibuka

Warung makan punya toilet yang tidak bisa dibuka atau digunakan oleh para pelanggan juga menjadi ciri warung yang memakai penglaris. Toilet itu tak boleh dibuka oleh pelanggan karena di sana jin penglaris melakukan tugasnya. Sebelum disajikan, makanan terlebih dulu dimasukkan ke dalam toilet tempat jin berada. Kemudian, jin melakukan ritual pada makanan yang akan disajikan.

7. Pemilik Warung Tak Izinkan Karyawan Meracik Bumbu

Pemilik warung meracik sendiri bumbu masakan padahal memiliki banyak karyawan, itu juga ciri warung pakai penglaris. Hal ini dilakukan karena sudah ada aturan tertentu dalam meracik masakan. Jika salah meracik, maka kekuatan magis pada makanan tidak akan bekerja.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)